MTsN 7 Sleman Launching Madrasah Riset

 

MTsN 7 yang terletak paling utara di propinsi DIY dengan Kemampuan leadership seorang kepala berpengaruh terhadap kemajuan madrasah. Demikianlah yang mendorong ditunjuknya MTsN 7 Sleman sebagai madrasah riset oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kemenag DIY, Anita Isdarmini. Pada Jumat (23/4) Anita berkunjung ke madrasah yang terletak di lereng merapi Kapanewon Pakem untuk memberikan sosialisasi sekaligus memberikan motivasi kepada kepala madrasah beserta jajarannya di ruang aula MTsN 7 Sleman. Selama kurang lebih satu jam disampaikan latar belakang dibentuknya madrasah riset beserta langkah-langkah yang harus dipersiapkan MTsN 7 Sleman dalam menindaklajuti program madrasah riset kedepan.

MTsN  7 Sleman bersama beberapa madrasah lainnya yang ada di Provinsi DIY akan mengikuti launching madrasah riset secara serentak. Sebelumnya, agar semua guru dan pegawai memiliki pemahaman yang memadai mengenai madrasah riset maka dilakukan sosialisasi



Titik Susilawati selaku Kepala MTsN 6 Bantul menyambut baik madrasah riset ini dan berharap dapat menjalankan amanah Kanwil ini dengan baik. “Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada madrasah untuk mengembangkan diri. Tentu saja motivasi dan pendampingan sangat kami harapkan,” ujarnya. Respons positif Kepala MTsN 7 Sleman juga ditunjukkan melalui pembentukan tim madrasah riset. Disadarinya bahwa tim dalam hal ini sangat diperlukan karena madrasah riset adalah sesuatu yang baru bagi madrasah. “Ke depan madrasah akan membentuk satu kelas riset sebagai percontohan bagi kelas-kelas lain, tepatnya pada tahun ajaran baru mendatang. Kelas riset ini akan sangat mendukung adanya kelas riset lainnya. Para siswa di kelas riset akan lebih dimudahkan pembelajarannya secara digital. Tentu semuanya perlu proses, tidak bisa terwujud secara instant,” ungkap Ibu yang tinggal di Dusun Krasakan Kapanewon Tempel itu.

Pada kesempatan itu Anita Isdarmini juga menjelaskan gambaran umum kelas riset ini. “Madrasah yang sudah memiliki kelas riset akan dillinkkan dengan perpustakaan perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Madrasah riset dapat menciptakan kemandirian siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan penelitian yang berbasi teknologi digital. Kelas riset ini dapat diikuti oleh siswa melalui fasilitas android yang dimilikinya.  Semua bahan ajar dapat diakses siswa melalui android tersebut. Pada kesempatan lain guru dan siswa juga akan melakukan penelitian dalam dunia pendidikan dan penemuan yang dapat mendukung kemajuan siswa dan guru yang akan berimbah pada kemajuan MTsN 7 Sleman.

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama