Informatika klas 9 pertemuan 4

 

3. Penyusunan Sistematika Laporan

Setelah mengatur halaman laporan, selanjutnya kita akan ke bagian sistematika laporan.

       a.    Cover

Langkah awal menyusun sistematika laporan adalah membuat sampul depan (cover). Cover dapat dibuat secara otomatis dengan menggunakan menu Insert, kemudian pilih Cover Page. Pilihlah salah satu template cover yang telah tersedia. Kita pilih Whisp. Untuk menambahkan data yang dibutuhkan dapat juga menggunakan text box. Pilihlah menu Insert, kemudian klik Text Box dan pilihlah template Simpel Text Box.



b.    Kata Pengantar

Ketik judul “KATA PENGANTAR” dengan huruf kapital dan ukuran huruf 14. Tempatkanlah di tengah dengan mengaktifkan CTRL +  E (center).

c.    Daftar Isi

Untuk membuat judul Daftar Isi. Caranya, simpan kursor di akhir kalimat judul Kata Pengantar, kemudian. pilih menu Insert dan klik toolbar Blank Page. Kursor akan segera berada di halaman kosong berikutnya. Lalu, ketik judul “DAFTAR ISI” dengan huruf kapital dan ukuran huruf 14 ditempatkan di tengah dengan mengaktifkan CTRL + E (center) .

d.    Daftar Gambar

Seperti membuat halaman daftar isi, simpan kursor di akhir kalimat judul Daftar Isi, kemudian pilih menu Insert dan klik tool bar Blank Page. Kursor akan segera berada di halaman kosong berikutnya. Lalu, ketik judul “DAFTAR GAMBAR” dengan huruf kapital dan ukuran huruf 14 ditempatkan di tengah dengan mengaktifkan CTRL + E (center). Lakukan hal yang sama untuk Daftar Tabel, Isi (Laporan Tugas) dan Daftar Pustaka. Dengan demikian, kita akan memiliki lima halaman yang sesuai dengan sistematika laporan tugas yang diharapkan.

e.    Pengaturan Nomor Halaman

Sistematika laporan tugas yang akan kita buat sebagai berikut.

1.    Cover

2.    Kata Pengantar

3.    Daftar Isi

4.    Daftar Gambar

5.    Isi (Laporan Tugas)

6.    Daftar Pustaka

Ada dua bentuk pemberian nomor halaman, yaitu untuk kata pengantar, daftar isi, dan daftar gambar penomorannya menggunakan huruf romawi. Adapun untuk isi dan daftar pustaka menggunakan penomoran angka biasa. Oleh karena itu, diperlukan pengaturan halaman yang berbeda.

 

f.     Pemberian Nomor Halaman Romawi

Untuk mengatur pemberian nomor halaman memilih menu Insert. Kemudian, pilihlah toolbar Page Number dan klik Format Page Number. Atur Nomor Format dengan i, ii, iii. Lalu, isi Start At dengan 1.

Dengan langkah tersebut, penomoran berubah semuanya menjadi romawi

 

g.    Pemberian Nomor Halaman Isi dan Daftar Pustaka

Dengan menggunakan cara penomoran halaman sebelumnya, maka penomoran untuk Isi dan Daftar Pustaka menjadi angka romawi juga. Oleh karena itu, kita harus mengubahnya menjadi angka biasa dengan langkah sebagai berikut. Simpan kursor di halaman Daftar Gambar. Kemudian, pilih menu Layout. Pilihlah tool bar Breaks. Kemudian, kamu klik Next Page. Maka, setelah Daftar Gambar akan ada halaman kosong. Kemudian, berilah nomor halaman seperti langkah sebelumnya. Akan tetapi, gunakan penomoran halaman dengan angka (12,3. ...) dan dimulai dari angka 0. Untuk mengatur format nomor halaman, kamu bisa pilih menu Insert, pilih Page Number, kemudian klik Bottom of Page. Di sana kamu dapat memilih berbagai template nomor halaman. Pilihlah salah satu yang kamu suka.

 


Silahkan absensi disini

https://forms.gle/dJdQeuK2Uje54eAW6


selmat belajar dari rumah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama