Informatika kelas 8 pertemuan 3

 

 B. Komunikasi Data dengan Telepon Seluler

 1.    Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi yang terdiri dari dua atau lebih perangkat yang terhubung ke dalam sebuah jaringan. Terdapat 3 komponen dasar dalam komunikasi data, yaitu :

a.   Sumber data (Source), yaitu elemen yang bertugas mengirimkan informasi/data. Contohnya, telepon, faksimile, dan terminal.

b.   Media Transmisi, yaitu media yang “digunakan untuk mengirimkan data dari sumber data ke penerima. Contohnya, kabel coaxial, kabel serat optik, dan gelombangan elektromagnetik.

c.  Penerima (Receiver), yaitu elemen yang bertugas untuk menerima informasi/data. Contohnya, telepon, faksimile, dan terminal.

 
Tujuan penggunaan komunikasi data adalah untuk mengirimkan data dalam jumlah besar dan waktu yang singkat dari suatu tempat ke tempat yang lain tanpa ada kesalahan.

2.    Contoh Komunikasi Data Menggunakan Telepon Seluler

Perkembangan teknologi membuat telepon seluler semakin canggih. Banyak fitur yang telah ditambahkan ke dalam telepon seluler ini. Salah satunya adalah memudahkan dalam hal komunikasi data. Dahulu mungkin kita hanya mengenal fasilitas infrared dan bluetooth. Akan tetapi sekarang sudah beragam teknologi yang diciptakan untuk memudahkan dalam komunikasi data.

a.    Bluetooth


Bluetooth merupakan teknologi yang dapat melakukan komunikasi antar perangkat agar dapat saling bertukar data dalam jarak yang terbatas menggunakan gelombang radio dengan frekuensi tertentu. Sebuah perangkat yang memilliki teknologi bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter, bahkan untuk daya kelas 1 bisa sampai pada jarak 100 meter.

b.    USB

Perangkat telepon seluler atau smartphone dilengkapi dengan kabel USB yang desainnya umum. Ujung konektor kabel yang dimasukkan ke perangkat seluler disebut Micro USB, sedangkan ujung konektor lainnya untuk dimasukkan ke perangkat komputer/laptop disebut dengan Standard-A USB. Selain untuk mengisi daya baterai perangkat seluler, kabel USB juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seluler dengan komputer. Kita bisa memindahkan data dari perangkat seluler ke komputer, ataupun sebaliknya.

c.    WiFi

Banyak fungsi dari Wifi yang bisa kita gunakan, tidak hanya sebagai jaringan internet saja, tetapi dapat digunakan untuk berbagi (sharing) data. Keunggulan dalam berbagi data melalui jaringan WiFi ini di antaranya adalah tidak perlu memakai kabel apapun dalam mengirim data sehingga lebih mudah dan cepat. Untuk berbagi lewat WiFi ini biasanya dibutuhkan aplikasi pendukung lainnya untuk memudahkan dalam pemindahan file atau data, seperti aplikasi Xender, dan ES File Explorer.

 

RANGKUMAN BAB 1

1.    Jenis-jenis jaringan komputer dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metroplitan Area Network), dan | WAN (Wide Area Network).

2.    Jaringan Intranet : jaringan komputer yang berbasis protocol TCP/IP dalam lingkup berupa kantor,perusahaan, ataupun warnet.

3.    Jaringan internet (Interconnected Network) adalah sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan jutaan situs.

4.    ARPAnet (Us Defense Advanced Research Projects Agency) merupakan internet pertama yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika tahun 1969 dengan menyebarkan jaringan komputer di daerah-daerah vital agar terhindar dari informasi yang terpusat.

5.    Unsur-unsur yang harus ada dalam situs yaitu domain name, hosting, script/bahasa pemrograman, desain web, dan publikasi.

6.    Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/Informasi yang terdiri dari dua atau lebih perangkat yang terhubung ke dalam sebuah jaringan.

7.    Komponen-komponen penting dari “komunikasi data ada 3, di antaranya adalah sumber data (source), media transmisi, dan penerima (receiver).

8.    Contoh komunikasi data dengan telepon seluler di antaranya dapat melalui Bluetooth, menggunakan kabel USB, dan dapat juga melalui jaringan WiFi.


Setelah mempelajari MATERI diatas, silahkan isi presensi di bawah ini

https://forms.gle/7G4Fi5iHP6ktnyCj7

SELAMAT BELAJAR DARI RUMAH.........................SEMANGAT

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama