Informatika kelas 9 pertemuan 5

Bab 2 

CMS 


Kompetensi Dasar

 3.2 Mengenal fitur aplikasi CMS (Content Management System), pengelola konten web, sedapat mungkin yang berupa freeware, dan memakai untuk membuat btog. 

42 Membuat blog untuk menunjang aktivitas siswa, contohnya membuat logbook kegiatan terkait sekolah. 

=======================================================================

Apakah kamu sudah memiliki blog? Membuat blog sebenarnya mudah jika kamu tahu caranya. Cara untuk membuat blog akan dijelaskan pada bab ini. Pelajarilah langkah-langkahnya dengan baik. 



A. Pengertian CMS 

CMS merupakan singkatan dari Content Management System yang artinya sistem managemen konten. CMS dapat digunakan untuk mengelola isi pada halaman website walaupun penggunanya tidak memahami bahasa pemprograman sama sekali. CMS merupakan perangkat lunak untuk mempermudah membuat halaman wesite.

Beberapa alasan berikut yang menyebabkan pembuat halaman website menggunakan CMS. 

1. Efisiensi

 Waktu yang dibutuhkan untuk membuat halaman web akan lebih singkat jika menggunakan CMS. 

2. Kemudahan dan Kecepatan 

CMS mudah dalam pembuatannya, proses instalasinya, sampai dengan proses perawatan dan pengembangan isinya walaupun pengguna belum mempelajari tentang bahasa pemprograman. 

3. Pemisahanan Konten Mudah 

Ada dua halaman website yang disediakan oleh CMS, yaitu user dan admin. Halaman user (pengguna) yang akan ditampilkan secara umum, dan halaman admin (pengelola) adalah untuk mengatur isi konten. 

4. Penambahan Fungsi 

Dalam CMS tersedia fitur custom kode sumber sehingga kode sumbernya dapat dibedah dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

5. Penambahan Banyak User CMS dapat memberikan hak akses untuk banyak user yang memiliki peranan dalam mengelola halaman web-nya. 

6. Kemudahan Saat Proses Maintenance 

CMS melakukan proses maintenance (perbaikan) dan pembaruan tanpa merusak konten situs yang sudah tersimpan.

7. Kemudahan dalam Mengganti Desain Web 

CMS menyediakan template-template jika pengguna ingin mengubah desain web-nya. 

Dengan banyak kelebihan CMS tersebut, akan memudahkan pengguna dalam mengelola isi halaman web dan handal sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk berbagai kebutuhannya. Berikut beberapa CMS yang dapat digunakan. 

1. Blogger 

2. Dotclear 

3. WordPress 

4. ImpressPages Joomla 

5. Chamilo Drupal 

6. PrestaShop Typo3 

7. Magento Serendipity 

Masih banyak CMS lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengelola halaman websitenya. CMS yang beragam itu memiliki fitur-fitur unggulannya masing-masing dan memiliki beragam cara penggunaan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama