Informatika Kelas 8 pertemuan 1

 

Jaringan Komputer

 Kompetensi Dasar :

3.1.1. Mengenal internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi informasi)

4.1.  Melakukan koneksi perangkat jaringan lokal maupun internet. -

 Pada era digital ini, semua sektor kehidupan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu masif. Dunia sedang berevolusi ke satu tingkat peradaban baru yang lebih berkualitas daripada tingkat peradaban sebelumnya. Hampir setiap waktu muncul teknologi-teknologi baru. Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat penting karena setiap pihak yang terlibat di dalamnya dituntut mampu berpartisipasi secara aktif dan terus meningkatkan kemampuan berkompetisi.

 Bekal kemampuan menggunakan dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi merupakan salah satu kunci untuk mengejar ketertinggalan sumber daya manusia Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah penggunaan jaringan komputer atau internet yang dapat diakses oleh semua kalangan umur.

 A. Jaringan Komputer

Fungsi jaringan komputer adalah agar pengguna dapat bertukar informasi dalam bentuk dokumen ataupun data, mencetak pada printer, dan menggunakan sumber daya jaringan (hardware dan software) yang ada. Informasi dan data bergerak melalu media komunikasi, seperti kabel, jaringan telepon, gelombang radio, satelit, bluetooth atau infra merah. Pemakaian media komunikasi ini akan tergantung pada kegunaan dan ukuran jaringan. Dalam jaringan komputer ada pihak yang meminta/ menerima layanan yang disebut klien (client). Ada juga yang memberikan/mengirim layanan disebut penyedia (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client - server.

 Jaringan komputer dapat menghubungkan dua komputer atau lebih. Jenis jaringan komputer di bagi ke dalam 4 kelompok, yaitu PAN, LAN, MAN, dan WAN.

 1) PAN (Personal Area Network) PAN (Personal Area Network) merupakan jaringan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya yang berjarak sangat dekat. PAN biasanya hanya mencakup jarak beberapa meter saja. PAN menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan bluetooth. PAN pada umumnya dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti fireware dan USB.



2) LAN (Local Area Network)

Jaringan wilayah lokal atau intranet adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network). Intranet diperkenalkan pada tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan, bahwa intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal. Jaringan lokal ini sering dipakai untuk jaringan komputer, baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat atau pemancar bluetooth), maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Jenis jaringan lokal yang populer adalah wireless LAN/WLAN dan Wi-Fi.


 3) MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi. MAN pada umumnya menghubungkan berbagai macam lokasi, seperti gedung, kantor, kampus, dan pemerintahan. MAN mencakup area seluas 5-50 kilometer.


 4)WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) adalah suatu jaringan komputer yang mencakup area yang lebih besar dan luas. WAN ini biasanya mencakup jaringan antarwilayah, kota, bahkan negara. Contoh dari jaringan WAN adalah internet.


Silahkan Materi diatas dibaca dan dirangkum dibuku tulis. SATU buku tulis hanya untuk Mapel Informatika. Pengumpulan buku tulis menunggu informasi dari Pak Taufik dan menunggu kondisi pandemi covid 19 membaik.

Silahkan klik Link dibawah ini untuk kehadiran :

https://forms.gle/HCL6wB1uNVZM8tgo7

SELAMAT BELAJAR DARI RUMAH

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama