Microsoft Word (Program Pengolah Kata)

 

C. Membuat Laporan Tugas dengan Paket Office

  

1.    Mengenal MS Word 2016

Sebelum membuat laporan menggunakan MS Word 2016, mari kita pelajari sekilas tentang program tersebut.

 Membuka Program MS Word 2016

Pastikan di komputer kamu sudah terinstal MS Word 2016. Sekarang, kamu tinggal klik ikon MS Word 2016.

Setelah program terbuka, akan ada beberapa pilihan template untuk kamu membuat dokumen. Pilihlah Blank

 


Mengenal Fitur MS Word 2016

Sebagai salah satu program pengolah kata, banyak tombol. tombol perintah di MS Word 2016 yang akan membantu dalam membuat dokumen yang baik. Berikut penjelasa singkatnya.

1.    Menu File

Menu ini berfungsi untuk mengolah file atau dokumen seperti membuat dokumen baru, membuka file, menyimpan file, dan mencetak dokumen.

 2.    Menu Home

Menu ini berisi perintah untuk mengolah dokumen, seperti mengatur huruf, paragraf, penomoran, dan styles.

 3.    Menu Insert

Berisi perintah-perintah untuk menyisipkan halaman baru, tabel, gambar, atau objek yang lainnya.

 4.    Menu Desain

Di menu ini terdapat perintah-perintah untuk mendesain dokumen menjadi lebih menarik, seperti memberi warna dokumen dan membuat watermark.

 5.    Menu Layout

Di menu ini terdapat perintah-perintah untuk mengatu halaman, paragraf, dan tata letak halaman.

6.    Menu References

 Beberapa perintah yang terdapat di menu ini adalah membuat daftar isi, catatan kaki, dan indeks.

 

7.    Menu Mallings

Di menu ini terdapat perintah-perintah yang membantu' kamu untuk membuat dan mengolah surat massal, label dan amplop.

8.    Menu Review

jika kamu akan mengecek ejaan dari dokumen yang kamu buat dapat mengaturnya di menu ini. Pengaturan bahasa dan membuat catatan juga terdapat di menu ini.

9.    Menu View

 Berisi perintah-perintah untuk mengatur tampilan halaman di layar komputer.

 

2. Mengatur Halaman Laporan

Langkah awal membuat laporan adalah mengatur halaman laporan. Berikut langkah-langkah pengerjaannya. Perhatikan dengan saksama fungsi-fungsi toolbar.

a.    Menentukan Ukuran Kertas A4

Untuk menetukan ukuran dokumen yang akan dibuat, pilih menu Layout. Kemudian, klik toolbar Size dan pilih ukuran kertas A4.

b.    Menentukan Margin

Untuk menentukan margin kertas atau dokumen, pilihlah menu Layout. Kemudian, pilih toolbar Page Setup dan klik bagian kanan yang bertanda tanda panah. Isilah margin yang diinginkan: Top 4cm, Left 3cm, Bottom 3cm, dan Right 3cm. Penulisan angka dan satuan tidak menggunakan spasi, karena setting otomatis komputer menggunakan satuan inchi. Jika sudah selesai, tekan OK.

c.    Menentukan Jenis dan Ukuran Huruf

Untuk menentukan jenis huruf dan ukurannya, pilihlah menu Home. Banyak jenis huruf yang terdapat di dalam program komputer. Kamu pun dapat meng-install huruf tertentu jika di komputer kamu belum terdapat huruf yang diinginkan. Gunakan web browser untuk mencari jenis huruf yang kamu inginkan. Dalam praktik ini, kamu akan menggunakan huruf Tahoma. Oleh karena itu, pilihlah huruf Tahoma, kemudian klik. Untuk menentukan ukuran huruf yang akan digunakan, Pilihlah ukuran huruf yang diinginkan.

d.    Menentukan Format Teks Paragraf

Format teks pada paragraf dapat kita tentukan dari awal, bisa rata kiri (align left), rata tengah (center), rata kanan (align right), atau rata kiri kanan (justify). Untuk tugas ini, kita menggunakan justify. Silakan kamu pilih menu Home, kemudian klik menu justify atau kamu dapat menekan tombol Ctrl +J secara bersamaan.

     e.    Menentukan Jarak Spasi

Jarak antarbaris tulisan disebut spasi. Semakin besar jarak spasi maka semakin lebar jarak antarbarisnya. Untuk mengaty, Spasi, pilih menu Home, kemudian pilih toolbar spasi. Pilihta spasi 1.5 sesuai dengan ketentuan untuk tugas ini.


f.    Menentukan Header

Header adalah bagian dari dokumen berupa teks atau gamba, yang muncul di bagian atas margin. Teks atau gambar yang dimasukkan pada header akan muncul pada setiap halaman dokumen. Untuk membuat header, pilihlah menu Insert Kemudian, pilih toolbar Header. Terdapat banyak template header. Kamu dapat memilih satu satu jenis template. Untuk contoh, kita pilih template Restropet. Adapun untuk contoh teksnya adalah Tugas Laporan Bahasa Indonesia. Date (tanggalnya) juga diisi dengan tanggal pembuatan saat ini.

g.    Menentukan Footer

Seperti header, footer merupakan bagian dari dokumen berupa teks atau gambar yang muncul di bagian bawah margin. Kamu klik menu Footer yang terletak di bawah menu Header. Pilihlah salah satu template footer. Untuk contoh, kita gunakan template Integral. Adapun untuk author-nya diisi dengan nama pembuat laporan.

h.    Membuat Watermark (Laporan)

Dokumen dapat dilengkapi dengan watermark. Watermark merupakan tanda dalam dokumen yang hanya tampak samar 1, x samar. Tanda tersebut dapat berup? teks, logo, atau gambar. Langka? awal membuat watermark adala dengan memilih menu Desigr s Kemudian, klik menu Watermark. Terdapat beberapa piliha! model watermark. Kita aka! membuat model watermark sendiri" Oleh karena itu, kita klik Custom Watermark. Pilihlah jenis huruf (font) yang kamu inginkan untuk watermark tersebut. Misalnya, kita pilih font Calibri. Adapun teks untuk watermark tersebut adalah “Laporan”. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut. Selesailah untuk bagian mengatur halaman laporan. Jangan lupa untuk di-save as. Pilihlah folder penyimpanan yang kamu tentukan. Tulislah file: Tugas Laporan Bahasa Indonesia-Namamu.



Silahkan Rangkum Materi ini dibuku TULIS. Satu buku tulis hanya untuk mapel INFORMATIKA. Pengumpulan tugas akan di informasikan jika kondisi pandemi sudah membaik. Selamat mengerjakan.....

3 Komentar

  1. Pelangi Hazna Izzati/9E/22 (Hadir dan sudah membaca).

    BalasHapus
  2. Syafel indriana devi/9E/26(hadir dan sudah membaca)

    BalasHapus
  3. Ailsa Syahda Salsabila/9E/1(hadir dan sudah membaca)

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama