C.
Membuat Laporan Tugas dengan Paket Office
1. Mengenal
MS Word 2016
Sebelum
membuat laporan menggunakan MS Word 2016, mari kita pelajari sekilas tentang
program tersebut.
Pastikan
di komputer kamu sudah terinstal MS Word 2016. Sekarang, kamu tinggal klik ikon
MS Word 2016.
Setelah
program terbuka, akan ada beberapa pilihan template untuk kamu membuat dokumen.
Pilihlah Blank
Mengenal
Fitur MS Word 2016
Sebagai
salah satu program pengolah kata, banyak tombol. tombol perintah di MS Word
2016 yang akan membantu dalam membuat dokumen yang baik. Berikut penjelasa singkatnya.
1. Menu
File
Menu
ini berfungsi untuk mengolah file atau dokumen seperti membuat dokumen baru,
membuka file, menyimpan file, dan mencetak dokumen.
Menu
ini berisi perintah untuk mengolah dokumen, seperti mengatur huruf, paragraf,
penomoran, dan styles.
Berisi
perintah-perintah untuk menyisipkan halaman baru, tabel, gambar, atau objek
yang lainnya.
Di
menu ini terdapat perintah-perintah untuk mendesain dokumen menjadi lebih
menarik, seperti memberi warna dokumen dan membuat watermark.
Di
menu ini terdapat perintah-perintah untuk mengatu halaman, paragraf, dan tata
letak halaman.
6. Menu
References
Beberapa perintah yang terdapat di menu ini
adalah membuat daftar isi, catatan kaki, dan indeks.
7. Menu
Mallings
Di
menu ini terdapat perintah-perintah yang membantu' kamu untuk membuat dan
mengolah surat massal, label dan amplop.
8. Menu
Review
jika
kamu akan mengecek ejaan dari dokumen yang kamu buat dapat mengaturnya di menu
ini. Pengaturan bahasa dan membuat catatan juga terdapat di menu ini.
9. Menu
View
Berisi perintah-perintah untuk mengatur
tampilan halaman di layar komputer.
2. Mengatur Halaman Laporan
Langkah
awal membuat laporan adalah mengatur halaman laporan. Berikut langkah-langkah
pengerjaannya. Perhatikan dengan saksama fungsi-fungsi toolbar.
a. Menentukan
Ukuran Kertas A4
Untuk
menetukan ukuran dokumen yang akan dibuat, pilih menu Layout. Kemudian, klik
toolbar Size dan pilih ukuran kertas A4.
b. Menentukan
Margin
Untuk
menentukan margin kertas atau dokumen, pilihlah menu Layout. Kemudian, pilih
toolbar Page Setup dan klik bagian kanan yang bertanda tanda panah. Isilah
margin yang diinginkan: Top 4cm, Left 3cm, Bottom 3cm, dan Right 3cm. Penulisan
angka dan satuan tidak menggunakan spasi, karena setting otomatis komputer
menggunakan satuan inchi. Jika sudah selesai, tekan OK.
c. Menentukan
Jenis dan Ukuran Huruf
Untuk
menentukan jenis huruf dan ukurannya, pilihlah menu Home. Banyak jenis huruf
yang terdapat di dalam program komputer. Kamu pun dapat meng-install huruf
tertentu jika di komputer kamu belum terdapat huruf yang diinginkan. Gunakan
web browser untuk mencari jenis huruf yang kamu inginkan. Dalam praktik ini,
kamu akan menggunakan huruf Tahoma. Oleh karena itu, pilihlah huruf Tahoma,
kemudian klik. Untuk menentukan ukuran huruf yang akan digunakan, Pilihlah
ukuran huruf yang diinginkan.
d. Menentukan
Format Teks Paragraf
Format
teks pada paragraf dapat kita tentukan dari awal, bisa rata kiri (align left),
rata tengah (center), rata kanan (align right), atau rata kiri kanan (justify).
Untuk tugas ini, kita menggunakan justify. Silakan kamu pilih menu Home,
kemudian klik menu justify atau kamu dapat menekan tombol Ctrl +J secara
bersamaan.
Jarak
antarbaris tulisan disebut spasi. Semakin besar jarak spasi maka semakin lebar
jarak antarbarisnya. Untuk mengaty, Spasi, pilih menu Home, kemudian pilih
toolbar spasi. Pilihta spasi 1.5 sesuai dengan ketentuan untuk tugas ini.
f. Menentukan
Header
Header
adalah bagian dari dokumen berupa teks atau gamba, yang muncul di bagian atas
margin. Teks atau gambar yang dimasukkan pada header akan muncul pada setiap
halaman dokumen. Untuk membuat header, pilihlah menu Insert Kemudian, pilih
toolbar Header. Terdapat banyak template header. Kamu dapat memilih satu satu
jenis template. Untuk contoh, kita pilih template Restropet. Adapun untuk
contoh teksnya adalah Tugas Laporan Bahasa Indonesia. Date (tanggalnya) juga
diisi dengan tanggal pembuatan saat ini.
g. Menentukan
Footer
Seperti
header, footer merupakan bagian dari dokumen berupa teks atau gambar yang
muncul di bagian bawah margin. Kamu klik menu Footer yang terletak di bawah
menu Header. Pilihlah salah satu template footer. Untuk contoh, kita gunakan
template Integral. Adapun untuk author-nya diisi dengan nama pembuat laporan.
h. Membuat
Watermark (Laporan)
Dokumen
dapat dilengkapi dengan watermark. Watermark merupakan tanda dalam dokumen yang
hanya tampak samar 1, x samar. Tanda tersebut dapat berup? teks, logo, atau
gambar. Langka? awal membuat watermark adala dengan memilih menu Desigr s
Kemudian, klik menu Watermark. Terdapat beberapa piliha! model watermark. Kita
aka! membuat model watermark sendiri" Oleh karena itu, kita klik Custom Watermark.
Pilihlah jenis huruf (font) yang kamu inginkan untuk watermark tersebut.
Misalnya, kita pilih font Calibri. Adapun teks untuk watermark tersebut adalah
“Laporan”. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut. Selesailah untuk bagian
mengatur halaman laporan. Jangan lupa untuk di-save as. Pilihlah folder
penyimpanan yang kamu tentukan. Tulislah file: Tugas Laporan Bahasa
Indonesia-Namamu.
Silahkan Rangkum Materi ini dibuku TULIS. Satu buku tulis hanya untuk mapel INFORMATIKA. Pengumpulan tugas akan di informasikan jika kondisi pandemi sudah membaik. Selamat mengerjakan.....
Pelangi Hazna Izzati/9E/22 (Hadir dan sudah membaca).
BalasHapusSyafel indriana devi/9E/26(hadir dan sudah membaca)
BalasHapusAilsa Syahda Salsabila/9E/1(hadir dan sudah membaca)
BalasHapusPosting Komentar